Apakah ada sisa daging sapi kurban di rumah? Jika sudah, olah menjadi cup daging. Daging serundeng bisa dinikmati sebagai pelengkap atau teman makan nasi panas. Anda bisa membuatnya untuk lauk pauk di rumah.

Di Bali, serundeng disajikan sebagai makanan pelengkap dalam upacara Caru Panca Sata yang dipersembahkan sebagai persembahan kepada leluhur.

Itu disajikan bersama dengan daun kelapa, buah-buahan, bunga, pinang, kapur sirih, daun kayu, nasi, ayam, tuak dan sesaji lainnya.

Hidangan lezat ini dibuat dengan cara mengupas dagingnya kemudian dimasak dengan bumbu serundeng dan parutan kelapa. Proses memasaknya yang cukup lama membuat rasanya lebih gurih dan nikmat. Berikut resep serundeng sapi rebus yang mudah diikuti.

Resep Serundeng Daging

Bahan 1 kg daging sapi, potong kecil2 buah kelapa, bersihkan dan parut halus. goreng 1 ruas jahe Asam jawa secukupnya 2 lembar daun salam 2 batang serai, memarkan 2 ruas lengkuas Garam secukupnya Bumbu secukupnya

  1. Daging ungkep: Haluskan semua bumbu hingga menutupi daging, kecuali daun salam, lengkuas, dan gula merah.
  2. Tutupi daging cincang dengan bumbu halus. Tambahkan daun salam, lengkuas, dan gula merah. Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap. menyisihkan.
  3. Serundeng Daging: Haluskan bawang merah, bawang putih, jinten, ketumbar dan merica. Tuang ke dalam wadah lalu campur dengan asam jawa, daun salam, serai, lengkuas, dan jahe. Tambahkan kelapa parut dan gula merah, aduk rata.
  4. Tuang semua bumbu ke dalam wajan. Tambahkan minyak goreng. Bumbui dengan garam dan bumbu secukupnya.
  5. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk. Setelah kelapa berubah warna dan harum, masukkan daging yang sudah dikupas.
  6. Masak serundeng hingga matang sambil terus diaduk. Proses memasak memakan waktu sekitar dua jam.

Tips Agar Daging Serundeng Tahan Lama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *