Teks deskriptif biasanya menggambarkan satu lokasi, objek, peristiwa, orang, atau tempat. Ini berusaha untuk melibatkan kelima indra pembaca untuk membangkitkan pemandangan, suara, bau, rasa, dan nuansa subjek teks.

Seperti halnya semua genre penulisan, kami dapat membimbing siswa kami tentang cara terbaik mengatur dan menyusun teks deskriptif secara efektif.

Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dekat bagaimana memilih topik untuk teks deskriptif, menyiapkan garis besar, dan akhirnya menghasilkan teks deskriptif yang ditulis dengan baik.

LANGKAH-LANGKAH MENULIS TEKS DESKRIPTIF YANG BAIK

Umumnya, teks deskriptif memiliki fokus yang sempit. Ini memungkinkan eksplorasi mendalam tentang subjek. Jika pernah muncul pepatah lama, jangan bilang diterapkan pada genre tulisan , teks deskriptif saja.

Apakah Anda memilih topik untuk siswa Anda, atau mereka memilih apa yang akan ditulis tentang diri mereka sendiri, pastikan topik tersebut adalah sesuatu yang dapat mempertahankan minat mereka, serta minat pembaca.

Esai deskriptif mengharuskan penulis untuk mendalami untuk membangkitkan orang, tempat, atau benda. Jika penulis tidak peduli dengan topiknya, maka pasti pembaca juga tidak.

Titik awal yang baik bagi banyak siswa adalah meminta mereka menulis tentang sesuatu yang sangat pribadi bagi mereka. Misalnya, kenangan masa kecil, momen memalukan, atau liburan favorit menjadi topik yang bagus.

Karena tujuan dari teks deskriptif adalah untuk mendeskripsikan sesuatu dengan sangat jelas, dan untuk mengekspresikan emosi dengan sangat jelas, sehingga pembaca juga dapat merasakannya, topik pribadi dapat menjadi bahan yang sempurna untuk jenis esai ini.

Lebih mudah bagi kita untuk menggambarkan hal-hal yang kita ketahui secara mendalam. Inilah sebabnya mengapa ingatan menjadi makanan yang kaya untuk jenis esai ini.

Kita dapat memikirkan kembali seperti apa rupa, suara, bau, rasa, dan rasa. Kita dapat membayangkan kembali di benak kita bagaimana rasanya mengalami ingatan itu pada saat itu, sehingga memudahkan kita untuk menciptakannya kembali di benak pembaca kita.

Sebaiknya investasikan waktu untuk memilih topik yang cocok untuk teks deskriptif. Topik yang dipilih dengan baik dapat membantu memulai beberapa tulisan bagus oleh siswa Anda.

Tujuan esai deskriptif juga untuk memberi tahu pembaca tentang topik, peristiwa, atau pengalaman tertentu.

Namun, beberapa topik sangat luas dan tanpa menetapkan fokus yang jelas untuk tulisan mereka, ada bahaya tulisan siswa dapat menyimpang dari jalur saat mereka berebut untuk berbagi dengan pembaca semua yang mereka ketahui tentang topik pilihan mereka.

Untuk menghindari hal ini, penting bagi siswa untuk mempersempit aspek mana dari topik pilihan mereka yang akan menjadi perhatian esai mereka. Cara yang efektif untuk melakukan ini adalah dengan menulis pernyataan tesis.

Pernyataan tesis menjabarkan tujuan khusus dari teks dan biasanya tertanam dalam paragraf pengantar.

Meskipun terkadang sulit bagi siswa untuk menentukan pernyataan tesis mereka untuk teks deskriptif, proses berikut akan membantu membimbing siswa:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *